6 Siasat Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

August 7, 2020 Parenting

6 Siasat Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Sikap anak menolak ataupun membatasi makan sayur menjadi sebuah dilema bagi orang tua. Antara menuruti keinginan anak atau memaksanya agar mau makan sayur adalah hal yang membingungkan. Mengatasi anak susah makan sayur memang susah-susah gampang. Untuk itu, lakukan 6 siasat ini untuk membujuk dan memberi pengertian anak agar mau makan sayur.

1. Mengkreasikan Olahan Sayuran

Olahan sayuran yang itu-itu saja pasti membuat anak tidak selera makan sayur. Cita rasanya yang sama juga akan membuatnya bosan. Anda harus lebih kreatif dalam membuat olahan sayuran untuk anak. Jika awalnya anak belum mau mengonsumsi sayur, ubahlah cara pengolahannya dengan mencampurkan irisan sayuran dengan telur dadar, omelet, atau bakwan.

2. Menyajikan Sayuran Lebih Menarik

Selain mengubah cara pengolahannya, Anda bisa menyajikan sayuran dengan cara lebih menarik. Gunakan tempat makan dengan bentuk menarik ataupun dengan warna favorit anak agar ia tergerak untuk mencicipi, kemudian mau makan sayur sampai habis. Cara ini sangat efektif dibandingkan memaksa anak untuk makan atau menuruti penolakannya.

3. Memilih Sayuran yang Disukai Anak

Apakah sayuran favorit anak? Memulai dengan membuat menu sayur favorit anak memang sangat dianjurkan. Cara ini sangat jitu untuk membiasakan anak mau makan sayur. Anda bisa tanyakan sayur apa yang paling disukai atau yang sedang diminatinya. Dengan demikian, sayur yang dimasak pasti akan dimakan. Anda juga dapat menciptakan persepsi anak yang baik tentang sayur.

4. Mengajaknya Memasak Bersama

Kegiatan seru berupa memasak bersama tentu menjadi cara kompak yang memotivasi anak agar mau makan sayur. Anda tidak kelihatan seperti membujuk, namun justru bersahabat dengan anak untuk membuat sayur terbaik menurutnya. Anak bisa request masakan sayur seperti apa yang diinginkan plus berkarya di dapur, sehingga ikut mencicipi cita rasa masakan sejak awal.

5. Menciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Suasana makan yang menyenangkan tentu saja harus diciptakan demi memberikan semangat kepada anak untuk makan sampai habis. Dengan suasana menarik, anak bisa lebih semangat menghabiskan sayur yang disediakan sesuai porsinya. Anda bisa mengajaknya makan di taman rumah, teras rumah, ataupun menyuapinya sambil mendongeng atau menyanyikan lagu.

6. Memberikan Pemahaman Pentingnya Sayuran

Betapa pentingnya sayuran bagi kesehatan memang harus diketahui oleh anak sejak dini. Anda harus memberikan pemahaman ini secara bertahap tapi pasti. Mulailah dengan jenis sayuran yang paling akrab dengan si kecil agar ia lebih tertarik dengan penjelasan Anda.

Setelah itu, tambahlah informasi tentang jenis sayuran lainnya agar pengetahuannya juga bertambah. Lama kelamaan, si kecil akan tertarik untuk makan sayur yang jelas-jelas sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berbagai tips di atas sangat efektif untuk mengatasi anak susah makan sayur. Upayakan untuk menerapkan berbagai cara tersebut secara bertahap dan rutin. Bersikaplah sabar dan bersahabat dengan anak. Agar lebih optimal, pahami juga alasan mengapa ia susah makan sayur. Berangkat dari alasannya tersebut, Anda bisa menemukan solusi yang pas untuk membuatnya suka sayur.