Alat Make Up yang Wajib Dimiliki Wanita yang Baru Belajar Tata Rias

October 27, 2019 Lifestyle

Alat Make Up yang Wajib Dimiliki Wanita yang Baru Belajar Tata RiasMake up atau tata rias diidentikkan dengan usaha untuk mempercantik diri. Make up yang tepat memang bisa digunakan untuk menutupi semua kekurangan di wajah. Bahkan dengan teknik yang tepat, riasan wajah bisa menonjolkan kecantikan alami sehingga tidak nampak norak meski wajah tertutup riasan lengkap. Ada beberapa orang yang butuh belajar khusus untuk menjadi seorang make up artist sehingga bisa merias orang lain dengan baik. Namun, merias wajah sendiri juga menjadi sesuatu yang menantang untuk dicoba.

Jenis Alat Make Up untuk Pemula

Alat make up memiliki berbagai jenis yang bisa dipilih. Seorang pemula yang baru belajar tata rias memang belum terlalu familiar dengan berbagai istilah dalam tata rias maupun jenis-jenis alat make up yang diperlukan.

Berikut ini beberapa alat make up yang wajib dimiliki untuk wanita yang baru belajar merias diri.

  1. Beauty blender sponge

Spons berbentuk mirip telur ini berfungsi untuk mengaplikasikan foundation, concealer, blush on, dan lain-lain. Cara pemakaiannya adalah dengan membasahi spons hingga mengembang dan setengah basah kemudian ditambahkan foundation, concelaer atau produk make up yang akan diaplikasikan. Terdapat bagian runcing dari spons yang berguna untuk menjangkau daerah sempit dan sulit seperti ujung hidung dan ujung mata. Dengan pemakaian spons seperti ini, pulasan make up base akan tampak lebih merata.

  1. Flat eyeshadow brush

Eyeshadow adalah riasan yang diaplikasikan pada kelopak mata. Riasan ini cukup sulit untuk pemula yang belum pernah merias wajah. Flat eyeshadow brush memiliki kuas yang datar sehingga lebih mudah digunakan apalagi untuk pemula. Jika make up artis profesional, biasanya menggunakan berbagai macam eyeshadow brush yang berbeda.

  1. Blending brush

Sesuai dengan namanya, blending brush adalah sikat yang berfungsi untuk mencampur eyeshadow yang sudah diaplikasikan pada mata supaya nampak lebih natural. Blending brush memiliki berbagai macam ukuran disesuaikan dengan ukuran mata.

  1. Angled brush

Angle brush berfungsi untuk merapikan eyeliner supaya terlihat lebih rapi. Kuas ini bisa digunakan untuk upper lash line maupun lower lash line. Selain itu, angle brush juga bisa dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow berwarna cerah di ujung mata untuk menampilkan kesan mata besar serta dipakai untuk menambahkan glitter.

  1. Fan brush

Fan brush merupakan kuas berbentuk seperti kuas ini berfungsi untuk membentuk karakter pada tulang pipi. Selain itu, kuas ini bisa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa glitter atau eyeshadow yang berceceran ketika proses pengaplikasian make up.

  1. Penjepit bulu mata

Penjepit bulu mata mungkin sudah lebih dikenal dibandingkan perlatan make up di atas. Penjepit bulu mata berfungsi untuk membentuk bulu mata sehingga terlihat lentik dan bergelombang. Cara penggunaannya adalah dengan cara menjepitkan mulai dari dekat akar bulu mata hingga ujung bulu mata.

Produk Make Up Pendukung Alat Make Up

Peralatan make up tentu tidak ada fungsinya tanpa dukungan dari produk make up. Kedua benda ini memiliki hubungan saling ketergantungan. Peralatan make up hanya sebagai alat untuk mengaplikasikan produk make up, sebaliknya produk make up juga tidak bisa digunakan jika tanpa peralatan yang menunjang.

Berikut ini beberapa produk make up yang wajib dimiliki pemula yang ingin merias diri dengan make up lengkap.

  1. Pelembab atau moisturizer

Pelembab atau moisturizerPelembab merupakan bagian awal sebelum menutup wajah dengan riasan lengkap. Pelembab berfungsi untuk menjaga kulit dari paparan radikal bebas dan dehidrasi.

  1. Foundation

Make up yang bagus bukan hanya tergantung pada kepandaian berdandan. Namun, kesempurnaan hasil riasan ditentukan oleh banyak hal terutama foundation. Foundation atau biasa dikenal sebagai alas bedak merupakan kosmetik dasar dalam aplikasi make up. Fungsi foundation yang utama adalah menutupi kekurangan wajah seperti menutupi garis halus dan menyamarkan noda, meratakan warna kulit yang tidak merata sekaligus untuk mencerahkan warna kulit, serta membuat make up tahan lebih lama sekaligus membantu melembabkan kulit wajah.

Foundation memiliki dua bentuk yaitu cair dan padat. Foundation cair memiliki tekstur yang cenderung kental dan pekat. Sedangkan foundation padat memiliki tekstur yang padat atau creamy. Daya coverage foundation cair dinilai lebih tinggi serta mudah diaplikasikan. Sehingga foundation cair lebih sesuai untuk para pemula di dunia tata rias.

Trik mendapatkan tata rias sempurna tetapi terkesan natural adalah penggunaan warna foundation dengan tone warna di bawah warna kulit atau lebih gelap. Karena jika foundation yang digunakan adalah lebih terang, maka hasil riasan terlihat berlebihan bahkan norak.

  1. Bedak

Bedak memang sudah menjadi salah satu alat tempur wajib yang harus dimiliki oleh kaum hawa. Bedak juga memiliki fungsi untuk menutupi kekurangan wajah, mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah supaya wajah tidak terlihat mengkilat. Terdapat dua bentuk bedak yaitu bedak tabur dan bedak padat. Penggunaan bedak hanya soal selera. Namun, bedak tabur mampu memberikan riasan yang tampak lebih natural dibandingkan bedak padat.

  1. Concealer

Produk kosmetik lain yang juga berfungsi untuk menutupi kekurangan wajah adalah concealer. Terdapat dua concealer, yaitu face concealer dan eye concealer. Eye concealer berfungsi untuk melembutkan garis-garis halus di bawah mata. Sedangkan face concealer yang memiliki tekstur lebih padat dan kering dapat menutupi noda dan warna kulit yang tidak rata.

  1. Primer

Primer merupakan produk kosmetik yang bisa dibilang baru. Primer berfungsi untuk membuat riasan tahan lama dan tidak mudah luntur. Setelah pengaplikasian primer, kulit wajah akan nampak lebih rata dan halus sehingga foundation akan lebih mudah diaplikasikan. Primer menjadi solusi bagi wanita yang memiliki pori-pori besar atau sudah nampak garis-garis halus.

  1. Eyeshadow

Sesuai dengan namanya, eyeshadow merupakan produk make up yang berfungsi untuk mempercantik mata. Sebagai pemula, coba dulu palet warna netral atau nude untuk belajar mengaplikasikan eyeshadow pada mata.

  1. Eyeliner

Eyeliner bertugas untuk mempertegas garis mata. Riasan dengan sentuhan eyeliner bisa memberikan kesan glamour dan seksi.

  1. Pensil alis

Pensil alis juga sudah banyak dikenal yang berfungsi untuk memperbaiki struktur alis. Butuh ketrampilan menggambar dan feel yang mumpuni supaya bisa mendapatkan riasan alis yang bagus dan simetris.

  1. Mascara

Mascara merupakan produk kosmetik berbentuk cair. Kemasan mascara sudah dilengkapi dengan kuas untuk mengaplikasikan pada bulu mata. Fungsinya adalah untuk mempertebal bulu mata sehingga berkesan lentik.

  1. Blush on

Blush on selama ini dikenal sebagai pemerah pipi. Padahal blush on juga bisa untuk memperbaiki kontur wajah. Jika ingin wajah terlihat lebih tirus atau tulang pipi sedikit lebih menonjol dan hidung terkesan mancung, teknik aplikasi blush on bisa dipergunakan.

  1. Lipstick

Sebagai pemerah bibir, lipstick sudah dikenal luas sebagai kosmetika sejak lama. Tanpa make up lengkap pun lispstick seolah tak pernah ketinggalan dari riasan wajah kaum hawa. Untuk pemula sebaiknya memilih warna-warna nude atau disesuaikan dengan warna eyeshadow dan blush on supaya tidak bertabrakan dengan tone warna mata dan pipi.

Sebagai pemula memang membutuhkan latihan untuk bisa mengaplikasikan make up secara benar supaya riasan wajah tidak terkesan berlebihan. Butuh waktu belajar dan jam terbang untuk bisa merias diri dengan terampil. Alat make up dan produk make up di atas bisa menjadi alternatif pilihan jika berminat belajar berdandan mulai dari sekarang.