Bagaimana penanganan dan pengobatan sondylolisthesis

November 28, 2019 Kesehatan

Bagaimana penanganan dan pengobatan sondylolisthesis

Spondylolisthesis adalah keadaan ketika salah satu di bagian tulang belakang bergeser pada tempatnya atau bisa berpindah pada posisinya. Spondylolisthesis, pergeseran berupa tulang belakang bagian bawah terjadi pula pada tulang belakang bagian leher. Gejala Spondylolisthesis bervariasi dan kadang tidak memberikan gejala  tidak ada sehingga tidak menyadari spondylolisthesis.Pada gangguan saraf terjepit, terjadi pada bagian tertentu ataupun seluruh bagian dari bantalan lunak antara tulang belakang di tempatnya berubah hingga terlihat menonjol. Karena bagian berubah sehingga dapat membuat rasa nyeri juga keluhan saraf.

Metode terapi tanpa bedah yang dilakukan, antara lain:

  1. Istirahat untuk hindari aktivitas berupa mengangkat sesuatu dan olahraga. Karena keadaan tulang punggung sedang tidak stabil pergerakan yang keras akan mempengaruhi kinerja pada tulang belakang dan kemungkinannya akan merasakan nyeri di bagian sendi. Pada hal ini yang bersangkutan dengan tulang punggung akan menyebabkan resiko pada penderita.
  2. Alat penyangga punggung. Pada tulang belakang penyangga tubuh tidak seimbang jadi memberikan penekanan agar tampak seimbang dengan penyangga punggung yang sering di sebut brace. Alat ini akan memudahkan untuk melakukan aktifitas keseharian.
  3. Latihan terapi fisik (fisioterapi) dengan peregangan. Latihan yang dapat membantu meningkatkan gerakan tulang belakang. Terapi fisik dilakukannya dengan cara pemindaian dan memberikan gambar lengkapan adanya kelainan punggung jadi dapat disimpulkan penggunaan dengan terapi cukup baik.
  4. Obat anti radang (ibuprofen) untuk mengurangi rasa nyeri. Rasa saki yang dialami penderita akan sukar di sembuhkan, kecuali dengan pemakaian obat dengan dosis yang pas akan membuat rasa sakit berkurang.
  5. Suntik di sekitar saraf yang tertekan. Ini akan membuat saraf menjadi lebih baik. Saraf yang terjepit dan tertekan akan menambah nyeri semakin menjadi-jadi
  6. Pembedahan ketika cukup parah dan akan adanya penggabungan tulang belakang. Tata cara yang dilakukan pada pembiusan tubuh secara total guna memberikan penanganan dan operasi dengan mudah.
  7. Terapi pembedahan umumnya akan dibutuhkan dengan kasus pada jarak untuk  pergeseran pada tulang belakang dan jika terjadi penekanan saraf.

 tulang atau penggabungan tulang belakang setelah prosedur spinal fusion akan sangat membutuhkan waktu sekitar 4-8 bulan. Kemungkinan akan membaik cukup tinggi. Dokter akan memberikan alat penyangga yang di sebut brace untuk mempermudah aktifitas penderita bergerak dengan bebas.

Spondylolisthesis adalah keadaan ketika bagian tulang belakang berpindah dari posisinya. Terjadinya pada patah tulang, cedera, tumor, operasi, bisa mengakibatkan spondylolisthesis pada tulang bagian belakang. Terkadang gangguan ini  dapat terjadi sejak lahir, kadang terdeteksi setelah melalui beberapa tahun. Pada kasus yang terjadi hanya pada tulang belakang bagian bawah. Terjadi mengenai tulang belakang memang tidak serupa dengan osteoporosis. Tetapi, Spondylolisthesis cukup diwaspadai karena dapat menimbulkan gejala hingga membuat penderita kesulitan beraktivitas, meliputi:

  1. Nyeri punggung bagian bawah
  2. Fungsi kaki menjadi melemah
  3. Paha belakang merasakan kaku
  4. Kesulitan berjalan dan berlari karena nyeri hingga ke kaki.

Selain memperhatikan aktifitas para penderita ntuk melakukan tidak di sarankan untuk peregangan yang berat sebelum melakukan latihan. Hindari pula latihan berlebihan yang dapat memberikan dampak buruk oada tulang belakang. Menggunakan latihan kelenturan berupa yoga dapat membantu tubuh lebih kuat, dan lentur sehingga mengatasi risiko cedera. Keadaan pada penderita yang mengalami gangguan pada tulang belakang akan memberikan pengaruh yang pertama tidak bisa bergerak bebas tanpa penyangga dan ketika memakai penyangga tidak akan dilakukannya pembedahan penanganan dengan jalan operasi cangkok tulang belakang.

Referensi:

alodokter.com

hellosehat.com

klikdokter.com

Referensi gambar:

scoliosissos.com