Cara Pemberian dan Manfaat Bawang Putih pada MPASI

September 15, 2019 Kesehatan

Cara Pemberian dan Manfaat Bawang Putih pada MPASI

Bawang putih merupakan rempah yang bisa Anda berikan kepada bayi secara aman. Ada banyak sekali manfaat bawang putih untuk bayi yang bisa diberikan lewat MPASI. Anda pun akan terbiasa memberikan MPASI dengan olahan sendiri di rumah. Ini cara pemberian bawang putih yang dimasukkan ke dalam MPASI beserta manfaatnya.

Pemberian Bawang Putih pada Bayi

Anda bisa memberikan bawang putih untuk bayi dengan memasukkannya ke dalam MPASI. Cara pemberiannya dimulai dengan memilih bawang putih yang segar. Bawang putih masih dalam bentuk bulat ini Anda kupas kulitnya dan haluskan dengan menggunakan blender. Pastikan bawang putih sudah menjadi sangat halus sampai menjadi berbentuk pasta.

Setelah itu Anda bisa memasukkannya ke dalam sup untuk MPASI bayi atau memasukkannya ke dalam makanan lainnya. Takaran pemberiannya disesuaikan saja dengan porsi makanan bayi. Cicipi terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi Anda. Jangan terlalu banyak karena bisa membuat bayi menjadi sulit untuk makan karena rasa bawang putih yang berlebihan.

Manfaat Bawang Putih ke dalam MPASI

Anda memasukkan bawang putih ke dalam MPASI sangat bermanfaat bagi bayi karena bisa menjadi cara untuk menaikkan nafsu makan bayi. Anda bisa mencoba jika bayi tidak mau makan. Berangsur akan terjadi perubahan nafsu makannya. Hal ini terjadi karena aroma bawang putih yang harum.

Selain itu bawang putih membuat MPASI bayi menjadi lebih gurih. Rasanya akan lebih enak dari pada tidak diberikan bawang putih, hanya saja pemberiannya sebagai syarat. Bawang putih juga bermanfaat sebagai sumber vitamin C, B6, dan B1 yang sangat membantu pertumbuhan bayi.

Ada juga kandungan mangan, selenium, potasium, zat besi, dan senyawa Allicin dengan fungsinya sebagai antivirus dan antibakteri. Kandungan di dalam bawang putih ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Proses kerjanya bawang putih akan menstimulasi sel makrofag, limfosit, sel dendritik, sel pembunuh alami (NK), dan eosinofil, untuk membangun sistem kekebalan bayi.

Kandungan allicin ini bermanfaat untuk mengurangi gejala asma yang dialami oleh bayi. Anda juga akan mencegah bayi dari risiko kegemukan karena kolesterol jahat. Pemberian bawang putih ke dalam MPASI juga membuat bayi Anda terhindar dari risiko terserang flu.

Tubuh bayi akan tetap sehat tanpa masalah demam, flu, dan gangguan pernapasan. Alhasil tumbuh kembang bayi akan berjalan dengan optimal. Anda tidak perlu khawatir pemberian bawang putih ini juga akan menjadi solusi untuk mencegah infeksi pada bayi. Tidak akan ada masalah pencernaan dialami oleh bayi Anda.

Anda yang ingin pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan optimal bisa mencoba pemberian bawang putih secara rutin. Manfaat bawang putih yang sudah dijelaskan tentu saja menjadi gambaran untuk Anda agar tidak perlu ragu lagi memberikan bawang putih dalam MPASI bayi.