Faktor untuk Menghitung Masa Subur Pria serta Indikasinya

March 19, 2019 Kesehatan

Faktor untuk Menghitung Masa Subur Pria serta Indikasinya

Masa kesuburunan yang dialami oleh seseorang tidak hanya dimiliki oleh wanita saja melainkan juga dimiliki oleh pria. Biasanya menghitung masa kesuburan yang dimiliki oleh pria dilihat dari sperma yang ada, dikarenakan sperma yang baik menjadi indikasi kesuburan tersebut. Berikut faktor untukĀ menghitung masa subur pria serta indikasinya.

  1. Kuantitas Sperma

Jumlah atau kuantitas sperma sangat berpengaruh terdapat masa kesuburan yang dimiliki oleh pria. Kuantitas sperma yang buruk biasanya dipengaruhi oleh kurang sehatnya gaya hidup yang dilakukan oleh Anda sebagai pria. Pola hidup yang tidak sehat tersebut misalnya dengan mengonsumsi makanan yang tidak bergizi serta kurangnya olahraga hingga jam tidur kurang.

Pada idealnya sperma yang dikeluarkan oleh Anda berjumlah 15 juta telur sel sperma per mililiternya. Namun, bila jumlah sperma yang dikeluarkan tersebut sangatlah kurang maka sangat berpengaruh dari keberhasilan pembuahan sel telur.

Jumlah dari sperma yang kurang ini dapat saja menurunkan pembuahan pada sel telur. Maka dari itu, Anda sebagai pria perlu mengusahakan untuk selalu menjaga kuantitas sperma dengan baik agar pasangan yang Anda miliki cepat untuk hamil. Kuantitas yang baik juga akan turut serat mempermudah dalam proses penghitungan masa kesuburan pria.

  1. Kualitas Sperma

Kualitas yang dimiliki oleh sperma akan sangat mentukan dalam peluang kehamilan. Maka dari itu, perlu diketahui normalnya sperma yang dikelurakan adalah paling sedikit 2 cc hingga 5 cc. Bila hal tersebut kurang, Anda perlu untuk berkonsultasi dengan pihak medis.

Konsistensi kekentalan dari cairan tersebut juga harus diperhatikan. Bila dirasa ioleh Anda terlalu encer maka perlu dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan kualitas dari sperma tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui masa kesuburan dari pria. Terlebih lagi keberhasilan dari sebuah kehamilan tidak akan lepas dari peran yang dimiliki oleh sperma.

Bila terdapat kualitas sperma yang kuarang bagus, maka akan snagat mentukan tingakt peluang dalam mempunyai keturunan. Kualitas yang kurang bagus juga dapat mempersulit untuk menghitung masa subur yang dimiliki oleh pria itu sendiri.

  1. Hormon Testoteron

Hormon yang satu ini sangat erat kaitannya terhadap kesuburan yang dimiliki oleh pria. Hal tersebut dikarenakan hormon ini merupakan penmbentuk dari sel sperma. Bila kadar hormon testoteron rendah atau bahkan berlebih, maka dapat mengganggu proses pembentukan sperma yang juga akan menyebabkan masalah dalam kesuburannya.

Banyak dari penelitian yang menyebutkan bahwa masa subur yang dimiliki oleh pria akan meningkat di waktu pagi hari hingga mencapai 88 juta. Meskipun demikian, perbandingannya tak terlalu signifikan dalam memengaruhi proses pembuahan yang dilakukan.

Menghitung masa subur yang dimiliki oleh pria dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor di atas. Keadaan yang buruk tentunya akan mempersulit perhitungan tersebut. Anda dapat mengetahui penghitungan masa subur pria dengan mengunjungi laman orami.co.id secara mudah. Semoga bermanfaat.