Sistem Kerja Cloud Storage, Solusi Mudah Akses Data Real time

March 25, 2019 Others

Sistem Kerja Cloud Storage, Solusi Mudah Akses Data Real time

Sistem cloud berbasis internet mempunyai banyak turunan fungsi. Salah satunya adalah cloud storage. Dalam sistem ini, semua data akan disimpan di dalam server agar tetap aman dan bisa diakses setiap kali dibutuhkan, sehingga mendukung pengaksesan data secara real time. Inilah rincian sistem kerja dalam penyimpanan cloud yang aman dan terjamin.

  1. Server Berbasis Internet

Sistem cloud yang berbasis internet merupakan layanan pengaksesan data secara digital yang lebih mudah dan praktis. Dengan layanan tersebut, akses data bisa dilakukan secara real time. Berdasarkan prinsip kerjanya, jaringan akses data dengan layanan cloud ini dijalankan menggunakan server yang terhubung ke internet.

Server yang terhubung ke internet ini dapat memfasilitasi akses data sesuai yang dibutuhkan kapan pun dan di mana pun. Hal ini dikarenakan jaringan internet aktif nonstop dan tanpa menggunakan kabel penghubung. Dengan layanan nirkabel yang nonstop tersebut, semua data dapat diakses tepat waktu dengan cepat kapan saja dan di mana saja.

  1. Sistem yang Terintegrasi

Sistem kerja yang kedua dalam layanan penyimpanan cloud adalah integrasi sistem. Hubungan sistem dengan internet yang menggunakan server memungkinkan pengguna untuk mengakses data dengan mudah dan tepat waktu. Semua data di setiap server dapat terhubung ke server pusat dan dapat diakses secara keseluruhan. Dengan demikian, akses data jadi lebih mudah dan cepat.

  1. Instalasi Praktis

Nilai praktis adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh layanan cloud. Karena sistemnya terhubung ke internet yang nirkabel, sistem tersebut tergolong praktis dalam pemasangan dan pemakaian. Anda dapat lebih mudah dalam mengontrol layanan cloud dengan lebih mudah karena tinggal menyediakan instalasi jaringan internet, tanpa banyak perangkat tambahan.

Cloud storage juga tidak membutuhkan perangkat penyimpanan karena langsung tersimpan dalam server pusat. Jadi, pengguna tidak perlu memasang perangkat penyimpanan tersendiri. Hal inilah yang menyebabkan penyimpanan cloud mendukung akses data secara real time.

  1. Menerapkan Sistem Redundancy

Penyimpanan cloud juga menerapkan sistem redundancy yang sangat berguna untuk mendukung pengaksesan data secara real time. Pada prinsipnya, semua data yang disimpan dalam server akan disalin ke beberapa server lain, sehingga terciptalah sinergi antar server agar data tetap tersedia. Hal tersebut bertujuan sebagai antisipasi jika salah satu server mengalami kerusakan.

Sistem redundancy ini sangat berguna dan pasti ada dalam sistem penyimpanan cloud. Segala bentuk gangguan atau bahkan kerusakan yang terjadi pada salah satu server tidak akan mengganggu ketersediaan data. Akses data tetap dapat berjalan dengan baik.

  1. Monitoring Terpusat

Monitoring atau pemantauan adalah salah satu layanan yang harus ada dalam sistem penyimpanan cloud demi kelancaran kinerja sistem dan ketersediaan data. Dalam layanan penyimpanan cloud, monitoring yang dilakukan secara terpusat merupakan suatu keutamaan.

Bagaimana tidak, dengan pemantauan yang terpusat ini, segala kondisi sistem akan terpantau di pusat data, sehingga bisa dikontrol atau segera diperbaiki. Dengan demikian, semua pengguna termasuk Anda tetap dapat mengakses data lagi dengan segera. Perbaikan yang dilakukan oleh server terpusat juga akan lebih tepat dan lebih cepat tentunya.

Sistem dalam cloud storage tersebut sangat berperan penting dalam mendukung pengaksesan data secara real time. Anda dapat mengamankan data dengan sistem penyimpanan yang handal jika menggunakan layanan tersebut. Penyedia layanan cloud storage profesional seperti Lintasarta dapat membantu. Pilih saja paket layanannya sekaligus dengan pemeliharaan dan perbaikan.