Waspada Stroke Bersama Rumah Sakit Santo Yusuf Bandung

March 27, 2020 Kesehatan

Waspada Stroke Bersama Rumah Sakit Santo Yusuf BandungStroke merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang meninggal dunia terbanyak di Indonesia. Penyakit ini merupakan salah satu komplikasi dari penyakit gangguan peredaran darah. Pasien yang mengalami stroke membutuhkan penanganan secepatnya jika tak ingin berakhir fatal atau kehilangan fungsi motorik tubuhnya. Stroke juga menjadi penyebab kecacatan terbesar di Indonesia yang membuat orang tidak bisa beraktivitas seperti sediakala. Bagi Anda warga Bandung dan sekitarnya, jika mengalami gejala penyakit stroke, ada rumah sakit unggulan yang bisa Anda percaya untuk menanganinya yaitu rumah sakit Santo Yusuf Bandung yang memiliki program Waspada Stroke untuk menangani stroke di waktu emasnya dan mencegah kematian serta kecacatan.

Stroke disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga asupan darah mengandung oksigen yang selalu dibutuhkan otak terhambat. Kondisi ini mengakibatkan bagian otak yang terhubung oleh pembuluh darah tersebut mengalami masalah dan jika dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan kematian. Pembuluh darah yang tersumbat bisa juga menjadi pecah dengan kemungkinan kematian terjadi sangat besar. Namun begitu, stroke juga bisa disembuhkan asalkan ditangani secepat mungkin. Dalam penanganan penyakit stroke, dikenal istilah 3 jam Emas atau Golden periode yaitu penanganan sebelum masa 3 jam setelah serangan stroke dapat menyelamatkan pasien dan mencegah kecacatan.

Untuk bisa mengobati pasien stroke, yang bersangkutan harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan obat pengencer darah. Pasien juga harus di diagnosa menggunakan MRI dan CT Scan untuk memastikan kondisinya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan tepat dan cepat jika membawa pasien ke RS Santo Yusup Bandung yang memiliki program Waspada Stroke khususnya di Golden Periodenya. Dengan begitu pasien stroke dapat kembali sehat dan beraktivitas dengan normal. Sebaliknya, semakin lama pasien dibawa ke rumah sakit maka akan semakin meluas kerusakan otak yang terjadi sehingga bisa berujung pada kematian.

Untuk bisa mengerti bahwa seseorang mengalami stroke, berikut ini adalah gejala-gejala yang ditimbulkan penderita:

  • Mengalami mati rasa di bagian tertentu dan disertai kelemahan seperti tidak bisa menggerakkan bagian tersebut. biasanya terjadi di bagian wajah, lengan, kaki atau di salah satu sisi tubuh.
  • Mengalami kesulitan bicara mendadak atau mengalami kesulitan memahami kalimat.
  • Kebingungan.
  • Pusing mendadak dan kehilangan keseimbangan.
  • Sakit kepala tanpa sebab yang jelas.
  • Mengalami masalah berjalan.

Stroke sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu stroke ringan dan stroke berat. Stroke ringan adalah hambatan terjadi sementara dan kembali mengalami peredaran darah normal sehingga meski timbul gejala namun penderita bisa kembali seperti semula. Sedangkan pada stroke berat, peredaran darah terhenti cukup lama sehingga menyebabkan kerusakan otak yang cukup parah hingga kematian.

Rumah Sakit Santo Yusuf Bandung memiliki program Waspada Stroke yang dapat Anda andalkan untuk menangani penderita stroke di Golden Periodenya. Menggunakan suntikan Trombolitik, yang diberikan sebelum terlambat, peredaran darah ke otak bisa kembali lancar sehingga penderita hanya mengalami stroke ringan saja. Jika sesuai dengan ketentuan medis, penderita bahkan tidak akan mengalami masalah kecacatan sementara apalagi permanen. Selain menangani pasien stroke di Golden Periodenya, RS Santo Yusup juga memiliki fasilitas Rehabilitasi Medik bagi pasien stroke yang mengalami masalah kecacatan atau gangguan motorik melalui sesi-sesi terapi. Diharapkan dengan melakukan rehabilitasi, pasien stroke perlahan mendapatkan kembali fungsi motoriknya yang hilang sehingga dapat beraktivitas dengan normal.